Loading...

31 Mei 2009

Tips-Trik Mengetahui Ada Virus Pada PC, Laptop or Notebook


Kompimu jalan nya udah kaya siput, hati2 tuh jangan-jangan ada virus nya. Sekarang lakukan tahapan berikut untuk mengetahui adanya virus dikompimu:

1. Buka Folder Options, caranya:

- Buka Control Panel ke Folder Options

- Bisa juga dari Windows Explorer, tekan windows + [E] pada keyboard, di Toolbar atas Windows Explorer à Tool à Folder Options...

Biasanya virus lokal akan menyembunyikan opsi ini agar bundanya virus kaga bisa kalian liat karena dalam keadaan ke hidden, ini untuk melindungi bundanya virus bisa kalian basmi dari Windows Explorer. Mereka akan mengunci opsi Show hidden files and folders, Hide extensions for known file types dan Hide protected operating system files pada Tab Veiw di Folder Options, maksudnya mengunci disini adalah kalian tidak bisa lagi menghilangkan tombol radio maupun cek list karena telah diubah virus tersebut melalui Registry Editor.

2. Jalankan Task Manager, caranya:

- Tekan aja Alt + Ctrl + Del di keyboard

Kalo da virusnya, maka windows nya akan restart sendiri atau ada jendela yang menyatakan bahwa Task Manager telah di-disable oleh Administrator. Karena jika kalian dapat menampilkan Task Manager maka kalian bakalan liat adanya program ilegal (virus) yang jalan tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari si pemilik kompi.

3. Jalankan regedit, caranya:

- Tekan Windows + [R] pada keyboard atau dari Start Menu à Run, terus ketik ‘regedit’ (tanpa tanda petik)

Lagi2 jika ada virus maka tidak akan ada jendela yang keluar, namun digantikan dengan jendela yang menyatakan bahwa Registry Editor telah di-disable oleh Administrator. Dengan mengunci jendela Registry Editor, maka virus telah menjadi presiden di kompimu dengan menjadi Administrator User (penguna dengan hak hirarki paling tinggi di windows), kalo dah jadi presiden maka pastilah virus seenaknya mematikan fungsi-fungsi penghancur akan dirinya.

4. Jalankan msconfig, caranya:

- Tekan Windows + [R] pada keyboard atau dari Start Menu à Run, terus ketik ‘msconfig’ (tanpa tanda petik)

Maka jika ada virus maka tidak akan ada jendela yang keluar, namun digantikan dengan jendela yang menyatakan bahwa Sytem Configuration Utility telah di-disable oleh Administrator. Biasanya file program virus akan jalan dari Startup (tahapan pertama dimana windows dijalankan dan menjalankan sebuah atau beberapa program), nah hal ini bisa kalian cegah kalo saja kalian bisa membuka Sytem Configuration Utility, namun jendela ini udah di-disable ama virus lewat Registry Editor .

Kejadian tersebut diatas tidak akan terjadi jika:

- Selalu mengUpdate Antivirus mu, apapun mereknya (antivirus mu) kalo tidak diUpdate mendinganan tidak usah pake antivirus.

- Hati2 jangan membuka halaman situs yang tidak jelas (porno), mendownload program dari internet yang menyertakan serial number ato keygen ato pacth.

- Selalu waspada akan masuk dan keluarnya file dari kompimu baik melalui USB stick, optical storage (CD/DVD/HD-DVD/Blue Ray Disk), matikan opsi Auto Play untuk media penyimpanan tersebut.

- Jika ada file yang mencurigakan lebih baik anda delete saja, jangan iseng dengan selalu ingin tau akan tampilan file tersebut, karena virus sekarang telah mengalihkan metode penyebaranya melalui public-interes (ketertarikan publik). Mereka menamakan file penghancurnya dengan nama-nama presenter cantik ber-ikon JPG, makanya jangan usil.

- Ingat “Antivirus adalah dirimu sendiri”

Langkah2 tersebut di atas telah dicoba di atas platform Windows XP, mungkin akan cenderung berbeda dengan platform lain (Vista), dan semuanya berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman.

diOplos dari Evran

0 comments:

Posting Komentar

Loading...
Loading...