Loading...

24 April 2009

Free Kerajinan Tangan Pepacura japang




Anda seorang yang suka mengkoleksi miniatur Tokoh-tokoh KOMIK, seperti Shincan, Naruto, Gundam dan lainnya. Pengen membeli miaturnya tp tak punya uang.... he ya mungkin lagi Boke alias kantong tipis. Anda dapat membikinnya sendiri yaitu yang dinamakan “ Papercraft ” dengan biaya cuman 5000 perak anda bisa membuat seperti gambar-gambar

Papercraft, atau pepakura adalah kerajinan tangan yang menghasilkan karya 3dimensi dari kertas. Berbeda dengan origami, papercraft dibuat berdasar pola yang selanjutnya dipotong dengan gunting atau cutter, kemudian digabung-gabungkan dengan menggunakan lem (dalam origami hanya ada melipat, tidak ada unsur memotong dan menempel).

untuk membuat papercraft, yang anda perlukan adalah:
>kertas (jelas);
minimal HVS 80gram sudah cukup tebal, kalau ingin lebih tebal, kalian bisa memakai karton atau kertas buku gambar A3. Untuk mecha dan benda2 yang kaku seperti senjata atau armor sebaiknya pakai kertas yg tebal. Untuk figur dan pakaian sebaiknya pakai kertas yg tipis.
>printer;
untuk ngeprint (tentu saja), printer warna bisa jadi pilihan yang paling praktis, tapi jika kalian ingin berkreasi kalian bisa memprint templatenya hitam putih di balik kertas warna (detil di bawah)
>gunting;
gunakan untuk memotong bagian yang bentuknya melengkung/bundar
>cutter (dan landasan untuk memotongnya, ex: kaca atau papan);
gunakan untuk memotong bagian yang bentuknya lurus/persegi
>lem;
pilih lem tergantung "style" yang kalian pakai. Jika kalian sering ragu2 dalam menempel atau terlalu hati2, pakai lem yang lama keringnya. Lem yang cepat kering tidak selalu menjadi pilihan terbaik, apalagi kalau belum menguasai pola gambarnya, gunakan lem jenis ini kalau benar2 sudah jelas bagian2 yang akan ditempel. Sekali salah ngelem, kemungkinan kalian harus mulai dari ngeprint gambarnya lagi ^ ^;
>tusuk gigi;
untuk mengelem bagian2 yang sempit, jika kurang panjang gunakan lidi yang ujungnya sudah diruncingkan.
>pinset;
tidak harus sih, tapi membantu menempel bagian2 yang susah ^ ^
>jarum/peniti dan penggaris
memudahkan bagian2 yang akan dilipat dan dilem, jika kalian memilih untuk memakai cutter, gunakan bagian yang tumpul. Sangat berguna jika kertas yang kalian pakai kertas yang tebal.
>sarung tangan tipis
Sebenarnya aku juga tidak pernah make (karena tidak punya ^ ^) tapi beberapa orang menggunakannya untuk melindungi upaya kertas hasil print tidak luntur karena terkena keringat. (cara lainnya adalah bekerja di dekat kipas angin ^ ^)
>bahan2 lain
beberapa orang suka menggabung-gabungkan benda-benda lain dalam papercraft mereka, yang paling gampang ditemui misalnya plastik mika (yg biasa dipakai di fotokopian) untuk membuat kacamata atau benda2 yang transparan (seperti senjata bahkan armor dan pakaian). yang lainnya bisa seperti stick eskrim, kancing baju, rantai keychain, dsb tergantung kreativitas pembuatnya.
>clear aerosol spray-paint (aka pylox transparan)
karena tinta printer tidak tahan air, jika kalian ingin pepakura yg kalian bikin sedikit lebih awet kalian bisa melapisinya dengan ini.
Untuk informasi lebih lanjut klick disini

selamat mencoba, Good Luck

sumber dari :

http://if.web.id/
http://forum.abyschool.org/

0 comments:

Posting Komentar

Loading...
Loading...